Ternyata ini jenis lantai kayu yang banyak diminati Kota Tomohon

 

Kota Tomohon

Kota Tomohan yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara selain itu juga pastinya bagi masyarakatnya sudah tidak asing lagi dengan berbagai tampat wisata seperti gunung berapi, kota bunga, dan lain sebagainya yang masih banyak tempat-tempat nan indah. Ternyata ada yang lebih menarik loh dari tempat-tempat lainnya Kota Tomohon terkenal akan pasar ekstrem yang dimiliki karena pasar Beriman menjual berbagai aneka ragam jenis hewan yang jarang atau bisa dikatakan tidak ada yang menjual hewan seperti di pasar Beriman dengan beranekan ragam jenis hewan seperrti ular, tikus, kelelawar dan masih banyak lagi jenis hewan yang dianggap aneh bagi kalang lain. 

Terlepas dari itu disini saya akan menjelaskan jenis lantai kayu yang banyak diminati Kota Tomohon.Menapa membahas lantai kayu ?.. karena Kota Tomohon memiliki banyak tempat wisata dengan beraneka ragam keindahannya nah bagi masyarakatnya pun sudah mulai menggunakan jenis lantai kayu karena dianggap cocok itu sebab lantai kayu memiliki keindahan dan ciri khas tersendiri yang dimilikinya.

Lantai kayu merupakan jenis olahan yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari jenis-jenis kayu keras seperti Kayu jati, Kayu merbau, Kayu Ulin, dan masih banyak jenis kayu keras lainnya.

Nah disini saya akan menjelaskan jenis lantai kayu jati karena memiliki ragam jenis dan motif yang dimilikinya, berikut penjelasannya.

Kayu Jati


Kayu jati merupakan jenis kayu yang paling populer dikalangan masyarakat karena untuk penggunaannya sendiri banyak sekali di pergunakan berbagai jenis olahan barang atau benda sesuai dengan kebutuhan, disamping itu juga kayu jati memiliki kualitas yang baik dari segi ketahanan memiliki kelas I dan keawetannya kelas II sehingga tidak diragukan lagi bukan mngenai kualitasnya dan banyak sekali yang mempergunakan olahan kayu jati.

Kayu Jati Diolah Sebagai Lantai 

lantai kayu jati

Selain penggunaan kayu jati dioalah sebagai keperluan seperti salah satunya mebel ternyata kayu jati dapat dipergunakan sebagai penutup lantai dan sering dipergunakan bagi masyarakat Kota Tomohon penutup lantai pada bangunan rumah meraka.

Selain itu juga lantai kayu jati memiliki beberapa jenisnnya yaitu :

lantai kayu jati grade A

Lantai Kayu Jati Grade A
merupakan jenis lantai kayu yang memiliki kualitas yang paling baik atau bisa dikatakan memiliki tingkat tahan dan awet berkualitas baik sehingga dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang lama serta memiliki warna coklat yang merata pada permukaanya.

lantai kayu jati grade B
Lantai Kayu Jati Grade B merupakan jenis lantai kayu yang memiliki warna pada permukaannya coklat cerah dan coklat gelap untuk kualitasnya sendiri bisa dikaegorikan menengah dan tentu saja memiliki harga dibawah Grade A.

lantai kayu jati grade C

Lantai Kayu Jati Grade C memiliki kualitas dibawah dari jenis grade a dan grade b untuk grade c sendiri memiliki warna coklat cerah yang merata pada permukaannya akan tetapi dari sisi positifnya untuk lantai grade c bisa menjadi pilihan jika anda melihatnya dari segi harga karena memiliki harga yang sangat terjangkau dan tidak mengurangi nilai keindahannya.

Selain npenggunaan lantai seperti contoh diatas ternayat olahan kayu jati juga dapat dipergunakan sebagai anak tangga nah bagi anda khususnya masyarakat Tomohon yang memiliki bangunan bertingkat untuk anak tangga kayu jati bisa menjadi suatu pilihan bagi anda untuk dipergunakan pada bangunan rumah.

Anak tangga kayu jati atau bisa disebut juga trap tangga merupakan jenis lantai kayu yang terbuat dari potongan-potongan kayu jati dan dipergunakan sebagai penutup tangga bangunan rumah selain itu juga trap tangga memiliki 2 jenis yaitu 1 layer dan 2 layer dari kedua jenis tersebut tidak memiliki perbedaan yang sangat mencolok hanya saja untuk 2 layer menggunakan sambungan atau menyambungkan potongan-potongan kayu jati.

Disamping itu juga lantai kayu jati memiliki kelebihandan kekurangannya seperti,

Kelebihan yang dimiliki kayu jati :

  • Memiliki ragam motif dan warna 
  • Memiliki tingkat ketahanan kelas I.
  • Memiliki ciri aroma khas yang di dapat dari kayunya.
  • Tahan dari rayap.
  • Tahan dari perubahan suhu yang buruk.

Kekurangan yang dimiliki lantai kayu jati :

  • Perlu perawatan khusus.
  • Lama dalam proses pemasangannya.
  • Memiliki harga yang cukup tinggi dari jenis tertentu.
  • Warna pada permukaannya dapat kusam sehingga perlu di varnish ulang

Keuntungan menggunakan lantai kayu jati untuk bangunan rumah 

Selain penggunaannya sebagai penutup lantai pada bangunan rumah yang gunanya untuk menghindari partikel atau benda material yang dapat melukai kaki saat sedang memijakan kaki, ada juga nilai keuntungan bagi bangunan rumannya, berikut penjelasannya :

  • Dapat dipergunakan lama dengan memiliki tingkat tahan dan awetnya berkualitas baik sehingga bagi anda yang akan atau telah mempergunakannya dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang.
  • Memiliki motif yang indah karena lantai kayu jati memiliki motif yang indah sehingga dapat membuat bangunan rumah tampil lebih legan dan terkesan mewah.
  • Aman dan nyaman disamping itu juga lantai kayu jati telah memenuhi syarat sni untuk dipergunakan sehingga bagi anda tidak perlu diragukan lagi mengenai keamanannya saat anda mempergunaknnya terlebih dengan hal tersebut dapat membuat nyaman bagi anda karena memiliki aroma khas yang di dapat dari kayu jatinya bahkan dapat menciptakan aura positif bagi bangunan yang mempergunaka lantai kayu jati.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata ini jenis lantai kayu yang banyak diminati Kota Tomohon"

Posting Komentar