Mengenal lebih dekat dari jenis-jenis lantai kayu

jenis-jenis lantai kayu

Lantai kayu merupakan bahan baku bangunan yang digunakan sebagai tambahan interior pada bangunan rumah, dengan menggunakan bahan dasarnya terbuat dari kayu keras dan memilih jenis kayu yang berkualitas baik dari segi ketahanan dan keawetan dengan memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas II.

Tidak semua jenis kayu dapat dipergunakan sebagai olahan lantai kayu, hanya jenis-jenis kayu yang memiliki tingkat kekerasan dan keawetan berkualitas baik seperti jenis kayu :

  • Kayu Jati
  • Kayu Ulin
  • Kayu Merbau
  • Kayu Sonokeling
  • Kayu Bengkirai
  • Kayu Sungkai
  • Kayu Keruing

Diantara jenis-jenis kayu tersebut selain memiliki tingkat kekerasan  dan keawetan yang berkualitas baik juga memiliki corak, warna, dan mempunyai aroma khas yang terdapat dari kayu tersebut.

Sebelum menjadi olahan lantai kayu ada juga proses pengolahan kayu untuk dijadikan lantai kayu seperti :

Yang pertama memilih pohon yang siap di tebang lalu memotong pohonnya menjadi beberapa bagian atau memotong sesuai kebutuhan setelah proses pemotongan lalu menuju proses pengeringan menggunakan alat khusus atau mengeringkan dengan cara dijemur gunanya untuk mengurangi kadar air yang terdapat pada kayu tersebut, sehingga dapat dipergunakan sebagai olahan lantai kayu dan memiliki kualitas yang baik.

Jenis - Jenis Lantai kayu


parket solid
Parket Solid merupakan jenis olahan lantai kayu berbahan dasarnya kayu yang langsung diambil dari kayu keras seperti contoh diatas, dan tanpa ada bahan campuran lain atau dikatakan 100% kayu murni sehingga memiliki kualitas yang baik diantara jenisnya.




parket laminate
Parket Laminate merupakan olahan lantai kayu yang menggunakan bahan dasarnya serbuk kayu HDF dan dipergunakan sebagai lantai pada bangunan rumah.

Serbuk kayu memiliki beberapa jenis seperti :

HDF ( high density fiberboards ) 


MDF ( medium density fiberboards )


LDF ( low density fiberboards )

Untuk jenis-jenis serbuk kayu tersebut  jenis HDF memiliki tingkat kualitas yang paling baik diantara jenis serbuk kayu lainnya sehingga parket laminate juga memiliki kualitas yang baik.



parket engeered
Parket Engeered merupakan jenis olahan lantai kayu yang menggunakan bahan dari gabungan antara parket solid dan parket laminate akan tetapi untuk parket engeered tidak sama kualitasnya dengan parket solid.



decking
Decking kayu merupakan jenis olahan lantai kayu yang biasa diterapkan pada area outdoor seperti ditempatkan area tepi kolam renang, halaman bangunan rumah, dan dapat dijadikan pintu pagar bangunan rumah.

Untuk jenis decking mempunyai kualitas yang baik dan memiliki ketebalan yang lebih tebal dibandingkan jenis parket lainnya karena pengggunaanya sendiri ditempatkan pada area ourdoor sehingga untuk jenis decking memiliki ketahanan akan perubahan cuaca yang buruk dan tahan akan paparan sinar matahari.

Dari jenis-jenis paket tersebut yang berkualitas baik dan sudah memenuhi syarat SNI sehingga aman untuk mempergunakannya pada bangunan rumah.

Dengan menggunakan lantai kayu untuk menambah interior pada bangunan rumah dapat menciptakan tampilan rumah menjadi mewah dan elegan, selain itu juga dapat menciptakan nilai natural,estetika dan keindahan yang terdapat dari olahan lantai kayu tersebut.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal lebih dekat dari jenis-jenis lantai kayu"

Posting Komentar