Begini cara memilih Lantai kayu parket yang tepat agar tidak menyesal

Cara memilih lantai kayu parket - salah satu jenis lantai yang paling banyak digunakan memang bukanlah lantai kayu, tetapi keramik. Tetapi untuk akhir-akhir ini penggunaan Lantai parket atau lantai kayu mulai banyak dilirik oleh para kontraktor bangunan.

Kenapa ?

Karena dengan adanya hiasan kayu pada huniannya dapat meningkatkan daya jual serta minat customer.

Hiasan kayu sendiri ada banyak, ada Plafon kayu, papan kayu, pagar kayu dan juga lantai kayu.

Berbeda dengan penggunaan plafon kayu, Pemilihan lantai kayu ini memang haruslah melewati seleksi yang sangat ketat dan pemilihan yang sangat hati-hati jika kita mengingat Mobilitas di atas lantai memang paling tinggi dibandingkan dengan area lainnya.

Lalu, bagaimana cara memilih lantai kayu parket yang tepat ?
Begini cara memilih Lantai kayu parket yang tepat agar tidak menyesal

sebelum lebih lanjut tentang cara memilih lantai kayu parket yang tepat, mari kita lebih mengenal lantai kayu terlebih dahulu.

Apa itu lantai kayu ?

lantai kayu adalah jenis lantai yang terbuat dari kayu yang diolah hingga berbentuk kepingan kemudian nanti akan di satukan pada area lantai. Lantai kayu dikenal juga dengan sebutan parket, atau parquet yang berarti sama, penyusunan potongan papan kayu kecil di area lantai.

setidaknya ada 3 jenis lantai kayu yang ada di pasaran yaitu lantai kayu solid, laminated dan engineering.

Kemudian untuk penempatannya, lantai kayu terbagi menjadi 2 yaitu lantai kayu untuk indoor dan lantai kayu untuk outdoor.

Bagian jenis lantai kayu ini merupakan salah satu tips memilih lantai kayu sehingga penjelasannya kita akan ulas di bagian cara memilih lantai kayu.

baca juga : ini dia pengertian lantai kayu bagi anda yang belum tahu 

Bagaimana memilih lantai kayu yang tepat ?

Kali ini kami akan uraikan tips memilih lantai kayu yang tepat agar nanti anda tidak menyesal dalam memilih lantai kayu untuk dijadikan lantai hunian.

#Tips 1 - Pilihan lantai kayu yang sesuai lokasinya

sebagaimana dijelaskan sebelumnya, pada lantai kayu itu terbagi menjadi dua jenis yaitu lantai kayu outdoor dan Indoor. Jangan menggunakan lantai kayu yang tidak sesuai dengan Lokasi seharusnya karena masing-masing lantai kayu sudah dibekali karakteristiknya masing-masing.

Misalnya untuk lantai kayu outdoor dibuat lebih tebal dan memanjang untuk memperkokoh struktur dan dipasang dengan memberi ruang kosong dibawahnya. Ini bertujuan sebagai tempat mengalirnya air, tentu akan tidak cocok untuk di pasang di area indoor, begitupun  sebaliknya.

lantai kayu indoor ini bentuknya tipis sehingga tidak cocok dipasang di outdoor, dicocok juga jika terkena paparan sinar matahari secara langsung, maka dari itu pilihlah lantai kayu yang sesuai dengan kondisi yang akan diterapkan lantai kayu.

Tapi jika ingin memasang lantai kayu outdoor di ruangan tertutup gimana ?
Begini cara memilih Lantai kayu parket yang tepat agar tidak menyesal

memang sudah banyak contoh yang menggunakan lantai kayu outdoor untuk di pasang di indoor seperti di di panggung pentas dan area lain, saya rasa memang boleh-boleh saja, tetapi mari konsekuensinya biaya pemasangan akan lebih tinggi karena rata-rata harga lantai kayu outdoor lebih mahal dibanding lantai kayu indoor.

#Tips 2 - Pilihlah lantai kayu dari jenis kayu berkualitas

tidak semua jenis kayu bisa di jadikan lantai kayu, karena syarat kayu untuk dijadikan lantai adalah yang memiliki tingkat keras, tingat awet dan tingkat kuat yang baik di tambah dengan sipatnya yang anti rayap dan juga anti petumbuhan jamur.

Berikut ini saya akan rekomendasikan beberapa jenis kayu yang sering digunakan untuk lantai kayu dan memiliki kualitas yang bagus. Antaranya :

- Lantai kayu Jati

Begini cara memilih Lantai kayu parket yang tepat agar tidak menyesal
lantai kayu jati merupakan jenis merupakan jenis lantai kayu yang paling banyak digunakan untuk saat ini, tidak usah diragukan lagi soal kualitasnya, penggunaan lantai kayu Jati memang jarang mengecewakan konsumen.

Dengan kualitas kayu yang bagus kayu Jati juga disuguhkan dengan corak yang begitu estetik sehingga lantai kayu Jati merupakan jenis lantai kayu yang sangat direkomendasikan untuk di pasang di area dalam ruangan

- lantai kayu Ulin

Lantai kayu ulin adalah jenis lantai kayu yang juga merupakan jenis sangat berkualitas dan sangat direkomendasiakan untuk anda pasang. Bedanya, lantai kayu Ulin ini akan lebih elok dan memang kebanyakan pasar meminta lantai kayu Ulin ini dipasang di area outdoor.

Lantai kayu Ulin memiliki tingkat keras yang sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari kayu Jati, dan termasuk jajaran kayu keras kelas dudia.

Kayu Ulin ini sudah diragukan lagi kualitasnya untuk dipasang di area outdoor, karena memang jenis kayu ini tahan terhadap paparan sinar mahahari secara langsung juga pada kelembaban, bahkan jika kayu Ulin ini semakain terkena air, maka akan semakin keras meskipun warnanya nanti akan menghitam.

Lantai kayu Merbau

Begini cara memilih Lantai kayu parket yang tepat agar tidak menyesal
selain lantai kayu Ulin dan jati, ada jenis lantai kayu lain yang bisa anda lewatkan. Jika pada lantai kayu Jati disuguhkan dengan estetika tinggi dan padan lantai kayu Ulin memiliki tingkat keras sangat tinggi, Lantai kayu merbau ini memiliki sipat tersendiri yang membuatnya menarik yaitu ramh terhadap kesehatan.

Meskipun sebetulnya semua jenis bahan kayu ini baik bagi kesehatan, lantai kayu merbau ini dapat mengeluarkan banyak ion negatif dimana ion negatif ini sangat baik untuk kesehatan.

Tidak hanya 3 jenis lantai kayu diatas, ada juga jenis lantai kayu lain yang bisa anda pilih yaitu :
  • Lantai kayu Sonokeling
  • Lantai kayu Sungkai
  • Lantai kayu Bengkirai
  • lantai kayu keruing
  • lantai kayu kumea
  • lantai kayu rengas
Jenis-jenis lantai kayu diatas sangatlah bagus dan sangat direkomendasikan dan bisa anda pasang

#Tips 3 - Pilihan harga yang sesuai

Banyak orang bilang bila lantai kayu merupakan jenis lantai mewah yang tidak semua orang mampu beli, ya mungkin saja gitu, tapi apakah ia semua jenis lantai kayu itu mahal ?

Tidak juga...

Karena masih ada beberapa jenis lantai kayu yang memiliki harga murah sehingga ada bisa menentukan jenis lantai kayu parket yang sesuai dengan budget yang anda miliki.

Rumusnya, semakin kecil ukuran lantai kayu maka harganya akan semakin murah, begitu juga sebaliknya. Hal ini disebabkan karena semakin kecil ukuran parket maka akan banyak parket yang dapat dihasilkan pada satu batang pohon.

Ini untuk jenis lantai kayu solid....

Bagaimana dengan lantai kayu laminated ?

untuk lantai kayu laminated memang sudah didesain memiliki harga murah karena dibuatnya lantai kayu laminated ini memang bertujuan sebagai alternatif pengganti lantai kayu solid dengan harga lebih murah.

#Tips 4 - Pilih Toko lantai kayu terbaik

Begini cara memilih Lantai kayu parket yang tepat agar tidak menyesal
Toko penjual lantai kayu terbaik memiliki ciri sudah sangat berpengalaman dengan sudah banyaknya project yang didapat. juga lihat testimoni dari setiap pelanggannya, apakah dinilai baik oleh pemilik hunian yang memasang lantai kayu atau tidak ?
salah satu penjual lantai kayu terbaik bisa kunjungi : rajawali parket
apakah penjual lantai kayu baru tida bagus ?

bukan tidak bagus, tetapi memang resiko yang diambil cukup tinggi jika kita lihat juga lantai kayu yang termasuk barang mewah.

Jikapun tidak dapat melihat dari pengalaman, anda bisa meleihat ke tokonya langsung, sehingga kepercayaan akan anda dapatkan

memilih penjual lantai kayu berpengalaman juga sangat dibutuhkan karena akan meningkatkan kualitas dari tenaga pasangnya.

Kesimpulan
sebelum memilih lantai kayu untuk hunian, alangkah baiknya jika anda membaca uraian mengenai memilih lantai kayu diatas agar nantinya lantai kayu yang anda gunakan pas dengan kebutuhan anda di rumah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini cara memilih Lantai kayu parket yang tepat agar tidak menyesal"

Posting Komentar